Religi dan Ekonomi


ilmu agama untuk menjaga sebagai wadah ataupun pagar yang menjadikan manusia berjalan sebagaimana mestinya ia diciptakan tuhan.
Ekonomi (E) untuk melengkapi perjalanan hidup.
mungkin bisa dikatakan
harta adalah sumber kebahagiaan yang paling jelas karena bersifat langsung & tampak terlihat kasat mata. Tapi harta tidaklah lama/abadi. sedangkan ilmu agama adalah sumber kebahagiaan yang tak tampak dan mungkin tak langsung karena sifatnya tak terlihat mata.

E adlh masalah yang umum dihadapi oleh setiap negara terutama rakyatnya yaitu adalah keluarga.
Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan suatu cara atau sistem yang sangat berfariasi dan terus berkesinambungan / berubah mengikuti berjalannya suatu masa atau keadaan. Pada intinya dibutuhkan suatu sistim untuk mengendalikan E seefisien/semurah mungkin dalam setiap operasi guna menjalankan berbagai macam kegiatan yang berfariasi tentunya banyak sekali.
antara lain :

1. Niat/tujuan baik (tanpa buruk sangka kepada siapapun)
Bahwa semua manusia ataupun suatu negara pada dasarnya memiliki sifat yang baik. Bisa terjadi karena manusia tanpa orang lain adalah manusia yang sangat lemah. Keinginan untuk bahagia tak akan bisa tercapai tanpa adanya bantuan dari manusia lain. Dari sinilah akan terjadi suatu kerjasama yang berkomitmen dan penuh dengan kesadaran untuk menjalin hubungan yang kuat dan saling menguntungkan. tanpa rasa menginginkan ataupun keinginan untuk merugikan salah satu pihak.
2. Komunikasi
mungkin akan terjadi banyak hambatan bila suatu masalah terjadi tanpa adanya komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik sangat perlu dipelajari untuk menghindari terjadinya banyak kendala dalam suatu pemecahan masalah. Untuk mengatasi E yang sangat kompleks dengan berbagai macam ketidak teraturan (dlm negara berkembang) suatu cara komunikasi yang fleksibel dan berfikir dewasa jauh kedepan sangatlah diwajibkan guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan karena terjadi salah saham ataupun .
3. Silaturahmi
dengan silaturahmi ini manusia akan memahami bahwa setiap individu akan memiliki cara yang sangat unik/tepat dalam mencari solusi hidupnya sesuai dengan kondisi alam/lingkungan/nasib yang berlainan terutama mengatasi masalah ekonominya. Sehingga setiap manusia saling belajar bertukar inisiatif ataupun cara hidup yang paling pas atau sesuai ataupun ''cara termurah untuk memenuhi E''.

Sekian dulu terimakasih